Selasa, 24 Desember 2013

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan performa Vario 110cc.

Bagi penunggang Vario, adalah suatu kesenangan tersendiri bila Vario kita lebih tokcer dari Vario teman-teman, kususnya bagi para anak muda yang senang dengan Skuter Matic, tapi juga senang berpacu melawan waktu :)

Pastinya setiap orang memiliki selera yg berbeda beda, ada yang lebih suka Akselerasi yang JOSSS,, ada juga yang milih Top Speed yang NGACIR,
 Jika kita memilih akselerasi, maka top speed akan sedikit berkurang, Sebaliknya, jika kita menginginkan top speed bertambah, maka akselerasi akan terasa sedikit lebih berat,
 tapi jika ingin Jos dan Ngacir keduanya, akan memerlukan setingan yang lebih komplek dan rumit,

 Cara membuat Akselerasi makin JOSS 
 Untuk penggunaan harian dan dalam kota, tuning performa pada skuter modern sebetulnya cukup dengan melakukan setingan pada roller dan per CVT. Mari kita bahas satu per satu.

Roller Weight
Part ini dapat kita beli di toko aksesoris motor terpercaya kita.. Ada beberapa merek ternama seperti BRT, TDR, Kawahara, dan yang lainnya, tetapi yang terpenting adalah berat dari roller itu sendiri,
Untuk prinsip kerja roller, semakin ringan rollernya maka dia akan semakin cepat bergerak mendorong movable drive face dan face comp pada drive pulley sehingga bisa menekan belt ke posisi terkecil. Efek yang terasa, akselerasi makin responsif. Namun supaya belt dapat tertekan hingga maksimal butuh roller yang beratnya sesuai juga. Artinya jika roller terlalu ringan maka tidak dapat menekan belt hingga maksimal. Efeknya tenaga tengah dan atas akan berkurang bahkan hilang. Untuk berat roller, ada dua konsep umum yang biasa dilakukan jika mengaplikasikan roller konvensional (bentuk silinder), yaitu aplikasi roller dengan yang berat seragam dan kombinasi berat roller. Kombinasi roller dilakukan dengan memasang 3 roller dengan beban tertentu dan 3 roller dengan beban yang lebih berat atau lebih ringan, tergantung kebutuhannya. Roller yang lebih ringan akan bergerak terlebih dahulu menekan movable drive face dan menyebabkan Vario bergerak lebih responsif daripada semula. Pada titik putaran mesin selanjutnya roller yang lebih berat akan mulai bergerak dan bebannya membantu menekan belt lebih dalam lagi. Ada satu rumus ideal untuk mengkombinasikan roller, yaitu bedanya maksimal 3 poin antara roller yang ringan dengan roller yang berat. Dalam konteks CVT Vario, untuk membantu mencari top speed, bisa dilakukan kombinasi 3 roller standard (13 gr) dengan 3 roller yang lebih berat (15 gr). Dengan rumus ideal ini, tenaga tengah akan dikorbankan namun tidak terlalu banyak. Semakin jauh beda bebannya maka semakin banyak tenaga tengah yang dikorbankan. Untuk penggunaan harian dengan track yang tentunya bakal ketemu tanjakan, bisa dicoba kombinasi 12 gr dan 14 gr.

Bagaimana halnya dengan Sliding Roller (SR) yang bentuknya tidak silinder?
Prinsip kerja SR tidak untuk dikombinasikan atau dengan kata lain akan lebih optimal jika keenam SR memiliki beban yang sama beratnya. Pengaplikasian SR dapat membantu proses menekan movable drive face lebih cepat daripada roller konvensional. Hal ini karena SR memiliki bidang tekan yang lebih luas untuk menekan face comp sampai movable drive face ikut bergerak. Sedangkan roller konvensional memiliki bidang yang lebih kecil untuk menekan face comp dalam proses pergerakannya. Ibaratnya, akan lebih mudah untuk mendorong pintu rolling door dengan menggunakan telapak tangan daripada dengan menggunakan jari telunjuk saja. Oleh karena itu, secara hukum fisika, SR membutuhkan tenaga yang lebih sedikit untuk mencapai daya dorong yang sama dengan roller konvensional.

Per VCT

Part ini juga dapat kita beli di toko aksesoris motor terpercaya kita.. Ada beberapa merek ternama seperti BRT, TDR, Kawahara, dan yang lainnya, tetapi yang terpenting adalah Kerasnya per CVT tersebut
Performance part ini biasa disebut juga dengan compression spring atau torque spring. Prinsip kerjanya adalah semakin keras per tersebut maka belt dapat terjaga lebih lama di kondisi paling luar dari driven pulley. Namun kesalahan kombinasi antara roller dan per CVT dapat menyebabkan keausan bahkan kerusakan pada sistem CVT! Berikut beberapa kasus yang sering terjadi:

 1. Per CVT yang terlalu keras dapat membuat drive belt jauh lebih cepat aus karena belt tidak mampu menekan dan membuka driven pulley. Belt semakin lama akan terkikis karena panas dan gerakan berputar pada driven pulley. Bayangkan apa jadinya jika belt putus di tengah jalan? Kita harus siap dengan peralatan yang sesuai, yang sepertinya tidak umum untuk dibawa harian di Vario. Atau solusi mudahnya, sewa mobil bak untuk mengangkut Vario kita ke bengkel kepercayaan kita

2. Per CVT yang terlalu keras jika dipaksakan dapat merusak clutch / kupling. Panas yang terjadi di bagian CVT akibat perputaran bagian-bagiannya dapat membuat tingkat kekerasan materi partsnya memuai. Pada tingkat panas tertentu, materi parts tidak akan sanggup menahan tekanan pada tingkat tertentu pula. Akhirnya per CVT bukannya melentur dan menyempit ke dalam tapi justru malah bertahan pada kondisi yang masih lebar. Kopling yang sudah panas pun bisa jebol karenanya. Per CVT original bawaan Vario terspesifikasi di 1000 rpm. Sebetulnya sudah cukup bagus dan ideal untuk penggunaan harian. Namun sepengalaman saya per CVT 1200 rpm jauh lebih enak lagi dan membuat tarikan Vario jadi lebih enteng. Per CVT 1500 rpm masih bisa diaplikasikan tapi rajin-rajinlah memeriksa kondisi drive belt skuter Anda. Saya tidak berani merekomendasikan per CVT 2000 rpm untuk penggunaan harian karena terlalu keras. Untuk mempermudah pemilihan per CVT performance yang tersedia di pasaran dunia saat ini rata-rata dapat dibedakan berdasarkan warnanya.

Berikut daftar warna untuk per skuter modern yang saya berhasil dapatkan dari website Malossi dan sebagian sudah ketahuan spesifikasinya.
 - Putih : 800 rpm
- Biru : 1000 rpm <— Vario menggunakan per original warna ini.
- Violet : 1200 rpm
- Kuning : 1500 rpm
- Merah : 2000 rpm
- Hijau : ??? rpm (belum saya ketahui)

Dan untuk Yang ingin Setingan Ngacir,, Bisa Bore up boring dan proses Tune up lainnya, Tentu saja dengan Selera dan Kantong kita,

Saya tetap menghimbau Anda untuk selalu berhati-hati dalam memilih performance parts.
Konsultasikan baik-baik dengan tuner kepercayaan masing-masing sebelum mengganti part standard dengan part aftermarket.

 Semoga informasi di atas cukup membantu.
Sekian dan terima kasih

128 komentar:

  1. Jadi intinya mnurut mas sendiriii pakek perr yang RPM brapa mass and rooler brapa gram????

    BalasHapus
  2. Jadi intinya mnurut mas sendiriii pakek perr yang RPM brapa mass and rooler brapa gram????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo punya saya mah pake loller 7 dan 9 per cvt pake yang punya ori PCX per otomatis pake Kawahara insyaallah beat street ke kejar,hhe

      Hapus
    2. Masih ngejar beat street gan? Vario old ane udh bisa nyalip v150 gimana tuh?

      Hapus
    3. speck standar/upgrade gan?
      kalo upgrade apa aja?

      Hapus
    4. Loller ane pake yg 12 gr. Gas di awal gede tp di tengah dan diatas tarikannya enak tp ga bisa ngejar beat. Knp ya?

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ya tah ?? Saya vario 110 karbu 2008
      Tetep ngga kuat nanjak kalo boncengan

      Hapus
  4. Temen saya pernah kasih masukan, roller diganti 7gram semua mas. Tanpa ganti per. Itu bagaimana pengaruhnya pada putaran atas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7grm selingannya 9 gram gan , itu emg enk buat yang nyari mmmmberr gan , tapi napas si vario jdi gak jelas

      Hapus
  5. Saya pakai yg 15gr dgn hrg 35k ga kuat nannjak aduh om.. Mending yg bawaannya ngacir

    BalasHapus
  6. Kasih sarannya dong mas ,biar bisa top speed dan kuat nanjak ,makasih

    BalasHapus
  7. W udh ganti smua dlman cvt,tanjakan puncak bogor,w sndri dn tmn w boncengan pake beat 2012,motor w kalah jauh,malah ngeden,gas udah mentok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kenapa ia gan , motor ane juga bgtu kaya ngeden gtu ..

      Hapus
    2. Yang enak sih pake yang 9gr semua, trus per ganti standarnya beat fi. Belt juga punya beat itu juga. Di jamin bawah atas dapet semua

      Hapus
    3. Kalo pake yg 9gram trus per yg 1500 bagus ga bos?

      Hapus
  8. Mohon masukannya dong buat vario techno 110 karbu saya.
    Mesin standar, roller tdr di seling 8gr & 10gr, per cvt kawahara 1500rpm, filter udara ori baru ganti.
    Kemaren buat nanjak puncak bogor ngeden & tenaga kurang. Mohon pencerahannya kira2 yg kurang apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8,10 gram per cvt 1500rpm itu udh enak gann , pake pertamax aja

      Hapus
    2. Itu udah pake pertamax gan, maka dr itu saya bingung kok masih ngeden+tenaga kurang ya. 😅

      Hapus
    3. Coba cek karbu nya gann, motor ane persis sama kayak ente, 8 Gram rata 1500 masih ngeden ternyata part karbu ada yang harus diganti :v

      Hapus
    4. Terima kasih atas pencerahannya gan.

      Hapus
    5. Mungkin vakumnya harus di ganti gan

      Hapus
    6. Pulley pake racing atau bisa di bubit juga,roller 7 seling 9 per canvas sama cvt 1500

      Hapus
    7. itu mah fix karet vakum karbu udah kaku trs ikut muter jadi harus di ganti, harga nya yg ori baru sekitar 100rb an di daerah saya

      Hapus
    8. Ganti PJ MJ di karbunya gan ,ane ganti itunya cuman lupa ukutan berapa

      Hapus
    9. Ane lewat puncak santuy ae om varla ane pake 9rata per sentrik 1500 per cvt 2000 jangan lupa mesin di bore up 😂

      Hapus
    10. Gaa cman Daleman cvt aja yg diganti atau di otak Atik....kesehatan mesin motor juga perlu....bagian karbu perlu di cek apakah stelan nya berubah atau gmana....apalagi vartech 110....karet vakumnya terkadang mudah kaku atau robek jika salah memasang....jdi terkadang mtor ngeden jika di gas spontan

      Hapus
  9. minta sarannya dong... gimana caranya vario 110 cw bisa kenceng (ngacir gitu aja) trus bisa mber parah? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor ane Vario karbu cw udh 1 tahun blm pernah di servis trs ganti knalpot racing aja ane cuma servis oli setiap 3 bln sekali tapi nya masih tetap kenceng masih nanjak tapi masih ada minus nya rumah roler dan roler nya bunyi klotek dikit harus wktu nya di ganti udh cuma segitu aja keluhan nya..

      Hapus
    2. Motor ane Vario karbu cw udh 1 tahun blm pernah di servis trs ganti knalpot racing aja ane cuma servis oli setiap 3 bln sekali tapi nya masih tetap kenceng masih nanjak tapi masih ada minus nya rumah roler dan roler nya bunyi klotek dikit harus wktu nya di ganti udh cuma segitu aja keluhan nya..

      Hapus
  10. Ijin berbagi, Jika dengan sistem CVT sudah kita maksimalkan dan Tenaga masih dirasa sangat kurang ,, coba Beralih ke bagian Karburator, Karena Di sistem Karburator khususnya Vario 110cc CBS kebawah itu memakai sistem vakum .. coba di cek bagian vakum apakah masih layak pakai atau tidak, jika tidak layak pakai segeralah untuk mengganti, Karena jika tidak di ganti tenaga mesin akan tetap loyo dan tidak bertambah,, Berbeda dengan Karburator Konvesional/Skep . Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp...setuju Om...saya pake vario 110 cbs 2010..sebwlumnya tenaga ilang di RPM rendah...alih2 penasaran cari2 masalahnya di youtube...vakum skep ane perbesar lubang anginnya pake obeng bintang...jgn terlalu besar sedikit aja ...kendala tenaga ilang di rpm rendah hilang 90% menurut ane..berasa banget bedanya enteng..cuma 10% nya menurut ane karet vakumnya dah keras...maklum saya beli second vario ini...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Apakah Boros Bensin mas klo digedein??

      Hapus
  11. Gan mau nanyak, klo misal untuk spek harian touring enak nya gimana ya? Minta saran hehe

    BalasHapus
  12. klo pke yg 7,9 gram trus per 1500rpm kira2 enak gk gan??

    BalasHapus
  13. Maaf gan mau tanya... Motor saya klo di tanjakan kok tarikannya berat ya.. Padahal sendirian.klo djln datar ngacir... Sama bunyi. Vakum baru ,vbell+roller baru. Kira2 apya ya gan.. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dari kampas ganda nya harus di ganti

      Hapus
  14. Kasih roller 7 gram oplos sama 9 gram
    Cvt 1500

    BalasHapus
  15. Kalo mau nanjakan enak ngk ngeden mas bukan nya nyuruh si mas dicoba aja dulu kampas ganda nya mas di seling sama racing standar satu yg racing 1 mas insyaallah agak lancar walaupun role nya berat

    BalasHapus
  16. Mau tanya mas, motorku vario 110 cw roller pakai tdr 10gram dan v-beltnya pakai suzuki spin. Performanya kok jadi berat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending pakai orian semua pastinya lebih maksimal..

      Hapus
  17. Mau tanya mas, motorku vario 110 cw roller pakai tdr 10gram dan v-beltnya pakai suzuki spin. Performanya kok jadi berat ya?

    BalasHapus
  18. Vario ku bunyi ngekrek gan trus tenaga jg ngempos...
    Bagusnya gimana gan biar enak tarikanya ky dulu..
    Apa roller hrs ganti...tksh

    BalasHapus
  19. Vario ku bunyi ngekrek gan trus tenaga jg ngempos...
    Bagusnya gimana gan biar enak tarikanya ky dulu..
    Apa roller hrs ganti...tksh

    BalasHapus
  20. Mau informasinya gan, vario thn 2010 mau boreup naik 150cc perlu coak gedein krengkes ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk perlu gedein mas karna uda maksimal matic honda mentok 150cc tapi seandainya jebol harus gnti blok gk bisa di lemer lagi

      Hapus
  21. Vario punya ku 110tech isian cvt roller 9/11gr per 1500rpm piston pake kawasaki kz tenaganya lumayan setara v150 udah dites tapi msh kurang puas dgn bawahnya mungkin harus ganti vakum dulu kalo atas ngacir,,sekian infonya slmt mencoba 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pistonnya os berapa?setelah ganti piston ada yg harus diganti lgi ga?

      Hapus
  22. Kalo punya sya mah mas pake per cvt 150 sma loler yang 7 gram di. Oplos. Sma yang standar. Allhamdulilah ngacir nya minta ampun tanjakan ngejos terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl tanjakan puncak ngekos kah?! Tlg info nya gan.Thx.

      Hapus
  23. Kalo punya sya mah mas pake per cvt 150 sma loler yang 7 gram di. Oplos. Sma yang standar. Allhamdulilah ngacir nya minta ampun tanjakan ngejos terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas brarti hitilungam gram roller 7/13 ya... Siap ta coba

      Hapus
  24. Kalo roller nya gk di campur bisa nggak gan

    BalasHapus
  25. Kalau mtr vario saya, pake roller 8 gr tapi pasang 5 aja sma cvt 1000,pasti enak dah tuh tareannya

    BalasHapus
  26. Mas motor vario cbs 110 saya make per CVT 1500 dan roller 9 gram kok tarikan nya masih berat ya. Mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja pakai roller yg 11 gram..
      Selamat mencoba

      Hapus
  27. Kalo saya di varla pake piston 54,5 fim bubutan low sama ring seher oh ibu terima kasih
    untuk kasih sayang yang tak pernah usai
    tulus cintamu takkan mampu
    untuk terbalaskansmash oz 100... Kalo dinkirian saya make 8/10gram per cvt 1000 per kampas ganda ori... Karbu standar aja cuma per potong dikit bagian varkum trus vakum karbu sy d lobang jalur anginnya d perbesar dikit.. Udah jos ke purwakarta bali pp aman sejahtera tenaga dari torsi ke top speed lumayan buat saya yg bobot berat 80kg hehe... Salam satu aspal

    BalasHapus
  28. Mau tanya saya pakai techno 110 karbu, klo buat libas tanjakan saran nya apa yah kebetulan pakai box klo misalkan pakai full box takut ga libas pas tanjakan mohon masukan nya??!!! Soalnya pakai box buat touring

    BalasHapus
  29. Gan izin bertanya saya motor vario 110 cw itu kendala di lari nya kaya ngeden gitu nunggu sampe kecepatan 40 keatas baru ngacir terus kalo nanjak ga kuat nanjak ga ada tenaga. Kalo gitu penyakit nya apa ya. Mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti per cvt ke 1500 roller 9/10/11gr dan setting karbu dan vakum.

      Hapus
  30. Vario saya pake roller 10 seling 8 grm per 1500 rpm piston jupiter knalpot bubutan noken as racing karbu PE 24 alhamdulillah ngacir😂 cuman sara dari saya kalo teman² ingin tenaga motornya naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mo kencang larinya vario 110 karbu gak usah mikir boros mas broo.....😂🤣👍

      Hapus
    2. Kalau ingin irit ganti karbu beat

      Hapus
  31. Gan saya minta pencerahannya. Motor saya vario 110FI. Per CVT saya ganti 1500rpm, per kampas ganda 1500rpm. Tapi tarikan awal gak spontan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya per ganda pake 1000/1200 aja bro, sama roller ganti ke 9/10gr.

      Hapus
  32. Saya tanggal 27 november 2018, ganti per cvt ktc 1500rpm + roller ktc 9gr + setting karbu dan vakum, bawah tengah atas ngisi semua bosque, cocok untuk perkotaan harian atau turing juga masih ok.Total biayanya per 115 + roller 115 + service dan setting karbu 80 jadi 320.Lokasi Bandung kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi bengkel nya di mana nya sob?

      Hapus
    2. Saya coba roller 9g full tanpa campur getarannya trasa banget, akhirnya yg 3 gue oplos dengan 11g lumayan oke

      Hapus
  33. Motorku tekno 110 dah ganti v belt and loler gk ada perubahan berat gk ada tenaga di tanjakan emen gas pol jalan cmn 20 malu deeeeeh apa yg harus di perbaiki nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek kret vkum nya. Spa tau robex atau ikut muter. Klo cuma ikut muter tinggal di ksih O ring udh bres ma lubang angin di gdeein dkit

      Hapus
  34. Minta rekomendasinya yg pas donk bnyak yang bilang pke ini pke itu untuk yg pas buat vario tecno 110 biar pendek panjang naik dapet semua pke roller n per cvt brp ?? Biar gak bingung hehehe

    BalasHapus
  35. Mau tanya dong kalo per cvt untuk vario karbu 110 masuk ga ?

    BalasHapus
  36. bang kalo roller 9 gram buat varla per standar enak gak buat sekolah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak bro tarikan awal enteng

      Hapus
    2. Tapi terlalu bergetar sperti gigi masuk 2 terus...

      Hapus
  37. Kalo roler 8 gram tdr semua di pasang ke varoo 111 karbu enak gx mas?

    BalasHapus
  38. Balasan
    1. Magelang Kota Seribu Vario 110 Karbu......like & subscribe Rumput Teki Channel....Maannttaaaffff....🤣😂👍

      Hapus
  39. Kalo pake roller 9 seling 11 gimana gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan dapet tarikan awal dan akhir, namun tenaga tengah sedikit landai...tapi lumayan nyaman rasanya yg gue alami

      Hapus
  40. Mau tanya bang, klo fario 110fi pke per cvt1500 sma roller7gr, kra" enak ngga buat ngcir sma di tanjakan,? Mhon infonya nuhun

    BalasHapus
  41. Bro, kalau vario biar tarikan awal sampai atas spontan dan nggk ngeden mending make per cvt brp rpm? Roller brp gram? Harus ganti per ganda juga kah?

    BalasHapus
  42. Bos .. mohon infonya motor saya vario 110 karbu kmaren ganti roler 11 gram smua trus belt nya 1000 . Kog jadi boros ya ,sebelumnya tidak boros . Roler yg lama itu lubangnya lebih kecil .yg baru agak gedee. Trus supaya tidak boros gmnaa yaa. Mhn infone aku radong nggon motor ikiiiii. (Mug ditakog i bojoku kog saiki dadi boros motore) ...

    BalasHapus
  43. Mau tanya bang Vario saya kok diawalan agak ngempos ya...mohon solusinya

    BalasHapus
  44. Aga agan ana punya vario 110c thn 2008 mulus awalnya masukin kersmi servis rutin pulng dr sana gereded ..dirpm 0-15 bw lg ganti roler ma vnblt kampsnya mash bgus ok turutin enakn sminggu begitu lagi geredeg..minta sarnnya biar ga g3redd dn ngacir awet pula..makaaih seblumnnya. Bileh via whtsf nih no saya 089614831988 barngkali ada recm bengk3l daerah garut / bandbung gagah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya rumah rollernya engga dikasih gemuk, jadi gredeg jalannya

      Hapus
    2. Maksudnya bosh rumah rollernya kasih gemuk

      Hapus
  45. Kalo harga roller 7 dan 9 gram berapa harganya gan tambah per cvt 1500?

    BalasHapus
  46. Gan mau tanya,maaf saya awam.
    honda vario techno 110 cbs saya ko geter banget ya.tarikanya pun sangat berat.padahal udh di servis.
    Apalagi posisi macet,narik gas awal geter nya luar biasa.
    Itu kenapa yah.kata bengkel itu mangkok rollernya harus di ganti.
    Apa betul ..
    Mohon pencerahanya gan ?
    Sya sangat awam.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  47. Maaf mau tanya vario karbu sya pke kampas gnda Nmax. Cocok sih n tarikan jg ya lumayan. Cma apa nti nya ada pngruh kerusakan pda cvt/mesin dsb??
    Mhon pncerahan nya mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman, saya juga pake udh hampir setahun aman aman aja.

      Hapus
    2. Bang kalau pake Roller vario tecno standar 13gram sama 9 gram enak ngga yah

      Hapus
    3. Gak mslh pake kampas ganda NMAX & per CVT ganti 1500 RPM pake Pertamax Turbo lebih ngacir soale kompresi vario 110 karbu gede (10:1) dpd vario 125

      Hapus
    4. Mau tanya kalo pake per cvt PCX Thailand aman ga ya

      Hapus
  48. Vario 110 karbu 2011 saya pake roller stdr 14gr seling 9gr tengahnya enak banget awal sama ujungnya agak kurang per cvt 1500rpm.. ada apakah gerangan yg terjadi suhu?

    BalasHapus
  49. Permisi minta saran nya,saya pakai tchno2011 kondisi full masih standaran,dan hanya memakai 1 box dan itu pun di tanjakan puncak ngeden rencana mau pakai 3box,supaya enak buat harian dan touring tarikan bisa bawa beban lebih dan bisa stabil pas nanjak gimana yah,mohon saran dan masykan nya ,trimakasih

    BalasHapus
  50. Minta solusi bang,motor saya vario 110 tahun 2012,pernah sih gnti roller standar,dan skrng tariknnya lemes bngt bang,pke knalpot racing cuma menang suara,suaranya di depah ehhh motornya masih d blkng
    Minta solusi dong buat temen temen yang lbih tau dari saya,roller ukuran brapa dan per CVTnya brp ya,yang bagus di kombinasikan biar enteng d tanjakan dan jalanan mulus heheee
    Klo boleh berserata pengalaman motornya dong
    Mksi

    BalasHapus
  51. Gimna y ka Vario 110 cw saya kok awalnya berat

    BalasHapus
  52. Vario 110 fi saya pakai knalpot tsugi buat jalan cuman dapet 90 udah limiter, itu pengaruh dari knalpot atau cvt,, cvt saya masih standar,

    BalasHapus
  53. Vario karbu ane ngacir bae gan. Setelah make yg ori smua. Prnah make yg seling"an d cvtny tpi rasany jdi kgk enk ya lbih enkan yg orian smua. Pabrik jga udh mikirin smua kenyamanan jadi gk ush d ganti" untuk nyari keenakan, nnti ujung"ny takut rusak

    BalasHapus
  54. bang gua kan ga terlalu ngerti ni gua make vario techno 110 saran dong bang ganti apa aja gt

    BalasHapus
  55. Aku mau tanya kalau vario techno 110 biar kencang larinya pakai roller berapa gram dan per CVT berapa rpm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya si pake 1500 rpm roller 9 alhAlhamdulil ngacir om

      Hapus
    2. Ane motor vario 110 fi pake roller 9&11 gram per cvt 1500rpm kampas ganda racing rumah roller bubut di atas nya ngelos. Yg kurang apa om?

      Hapus
  56. Vario saya laju di 100km/jam ko ngga terasa apa2 ya, nggak getar nggak ngeden padalan standar semua:)

    BalasHapus
  57. Mohon pencerahannya gan
    Saya punya vario led fi pakai roller 10 gram full dn per cvt nya 1500 rpm sama per kampas ganda nya pakai 1500 rpm racing, bawah nya berat itu kenapa ya

    BalasHapus
  58. Mohon pencerahan ya mas, motor aku beat karbu, tapi rumah roller vario 110 karbu, satu set di tukar, jalan lurus kota laju kencang, tapi tiba tanjakan boncengan menahan gas ya, rasa mau mundur tu motor saat tanjakan tajam. Apa yang harus di perbaiki, vakum karbu baru juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uk loler gnti pke yg 10 gram per CVT punya ori PCX Thailand. Di Trek Jln lurus mau pun nanjak tenaga n torsi dpet smua boskuu

      Hapus
  59. Mohon pencerahan ya mas, motor aku beat karbu, tapi rumah roller vario 110 karbu, satu set di tukar, jalan lurus kota laju kencang, tapi tiba tanjakan boncengan menahan gas ya, rasa mau mundur tu motor saat tanjakan tajam. Apa yang harus di perbaiki, vakum karbu baru juga.

    BalasHapus
  60. Mohon pencerahan ya mas, motor aku beat karbu, tapi rumah roller vario 110 karbu, satu set di tukar, jalan lurus kota laju kencang, tapi tiba tanjakan boncengan menahan gas ya, rasa mau mundur tu motor saat tanjakan tajam. Apa yang harus di perbaiki, vakum karbu baru juga.

    BalasHapus
  61. Motor saya varioCBS karbu 110 th2011 saya pernah coba per CVT std dan roller std 2buah dan 7Gram 3buah, tenaga cocok buat di kota trus turing jga oke, Selamat mencoba.

    BalasHapus
  62. Gan mau Tanya Kalau Buat Vario karbu, Per Cvt diganti 1500rpm, Trus Roller diganti 10gram Full, sama per kampas ganda 1000rpm,ada kelemahan sama kelebihan nya gak gan???

    BalasHapus
  63. Paling enak Roller 10g,ganti kampas ganda+per racing,vbelt tdr,per cvt 1500,bubut pulley(uk tergantung racikan bengkel masing"),ganti cdi BRT dual band powermax, bahan bakar pake pertamax,pake gas spontan,ganti knalpot brong biar gas buang emisili bahan bakar bisa keluar lancar, dan kalo ente punya duit lebih" lagii.. Gw saranin lu bor up aja dah .. Tapi buat yg budget pelajar, up kirian aja udah mantep .. Punya ane bisa nyalip cc150

    BalasHapus
  64. coba pully bubut dibkin13,5 dua2nya,mangkok costom,roller seling 11/10,per cvt 1000,per kampas 1000 aslkan kampas ganda sama cvt baru..
    100% mantap tarikanya

    BalasHapus
  65. Mohon saran para suhu...
    Punya saya vario 110fi
    1.per cvt 1000rp tdr
    2.roller 11gr kawahara
    3.pully bubut 13derajat
    4.kampas ganda ktc
    5.per kampas ganda 1000rpm
    Tp di tanjakan kok masih gak ngejoss ya?
    Trs bawahnya jg nggerung..
    Mohon saran suhu2 semua...
    Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya mnding pke per CVT punya PCX yg ori Thailand. Trus kmpas ganda mrek Daitona pnya Nmak. Klo laen nya udh cukup ga prlu ada yg di ubah lg. Slmat mncoba..

      Hapus
  66. Casino queen lucky bet | Casino King of Japan
    Casino king lucky bet is a gambling house operated by the MEGA Gaming Company bet365 Limited. The クイーンカジノ casino has a maximum value of €100000. No vua nhà cái wagering

    BalasHapus
  67. Spades - Spades – Best Play - Game Designer - Snk21
    Spades online spades, the very basic game for beginners. This new trick-taking card game 소울 카지노 has been 온라인카지노 designed with a deep and gentle feel.

    BalasHapus
  68. Ijin bertanya para suhu kalo vario cw 110 karbu biar tarikannya lebih enteng sama kuat ditanjakan kira2 apa yg perlu diganti dari cvt? Terima kasih

    BalasHapus